Kamis, 09 November 2017

RPL Layanan BK

PROGRAM HARIAN
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELINGDI SMP/MTs
(RPL dan RKP)
A.      Kompenen Dasar, Setiap Satlan/ RPL atau Satkung/RPK baik dalam format klasikal maupun non klasikal memuat kompenen dasar sebagai berikut:
1.       Identitas Satuan Pendidikan (SMP ……)
2.       Identitas Sasaran Pelayanan, yaitu peserta didik yang menjadi subyek asuhan pelayanan guru BK atau Konselor (minimal 150 orang) di SMP yang dimaksud.
3.       Waktu dan Tempat Penyelenggaraan Layanan/ Kegiatan Pendukung
4.       Arah dan Tujuan Pelayanan dengan jenis layanan atau kegiatan pendukung sebagaimana yang direncanakan.
5.       Materi dalam bentuk Tema dan Sub Tema yang menjadi isi kegiatan layanan atau  pendukung yang dimaksudkan.
6.       Jenis Layanan atau Kegiatan Pendukung yang akan dilaksanakan berdasarkan RPL/RPK yang disusun.
7.       Sarana dan Prasarana, Media dan Perlengkapan operasional yang digunakan
8.       Langkah-langkah kegiatan dalam pelaksanaan layanan atau kegiatan pendukung yang akan diselenggarakan
9.       Rencana Penilaian hasil dan proses layanan atau kegiatan pendukung yang akan dilaksanakan.
10.   Rencana penyusunan pelaksanaan program ( Laperprog)

B.      Format yang digunakan
Secara ideal format penyusunan Satlan/ RPL atau Satkung/ RKP adalah sebagaimana format tercantum dalam buku Panduan Bimbingan dan Konseling di SMP: dalam keadaan tertentu RPL/ RPK minimal memuat pokok-pokok tersebut di atas, seperti format berikut:














RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/
KEGIATAN PENDUKUNG
FORMAT KLASIKAL / NONKLASIKAL
TERJADWAL

I.          IDENTITAS
A.      Satuan Pendidikan                            : ..................................................................
B.       Tahun Ajaran/Semester                   : ..................................................................
C.      Sasaran Pelayanan/Kelas                 : ..................................................................
D.      Pelaksana                                           : .......................................................................
E.       Pihak Terkait                                     : .......................................................................

II.          WAKTU DAN TEMPAT
A.      Tanggal                                              : ..................................................................
B.       Jam Pelayanan          : .................................................................
C.      Volume Waktu (JP)                          : .................................................................
D.      Tempat Layanan       : .................................................................

III.          MATERI LAYANAN
A.      Tema/Subtema                       : 1. Tema         : ...........................................................
2. Subtema     :...........................................................
B.       Sumber Materi                      : ....................................................................................

IV.          TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
............................................................................................................................................
      …………………………………………………………………………………………….

V.          JENIS LAYANAN/ KEGIATAN PENDUKUNG
…………………………………………………………………......................................
……………………………………………………………………………………………...
VI.          SARANA
Media dan sarana serta perlengkapan/ instrument yang digunakan       :................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………….
VII.          PENILAIAN PROSES DAN HASIL LAYANAN

1.      Penilaian Proses : ………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………….
2.        Penilaian Hasil……………………………………………………………......................
..........................................................................................................................................
VIII.          LANGKAH KEGIATAN LAYANAN/  PENDUKUNG
1. Mengembangkan suasana  kegiatan (layanan/ pendukung)yang terbuka  dan menciptakan suasana aman,
, dan menyenangkan.
    ……………………………………………………………………………………………………………
   ……………………………………………………………………………………………………………….
2. Mengemukakan arah kegiatan dan aktivitas yang diharapkan dari subjek peserta layanan/ kegiatan pendukung.
     ……………………………………………………………………………………………………………
    …………………………………………………………………………………………………………….

3. Mengungkapkan pengalaman peserta terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan, peserta diminta mengemukakan apa pikiran, perasaan, dan sikap berkenaan dengan pengalamannya.
    …………………………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………………………….  




4. Merespon secara positif apa yang dikemukakan peserta dan mengarahkan mereka untuk mengikuti kegiatan secara penuh.
  ……………………………………………………………………………………………………………..
 ……………………………………………………………………………………………………………….

5. . Dalam kaitannya hal-hal tersebut di atas, menjelaskan aspek-aspek pokok kegiatan yang akan dilaksanakan
     …………………………………………………………………………………………………………………
    ………………………………………………………………………………………………………………….
6.  Kegiatan dengan dinamika  mengarah kepada partipasi peserta dalam bentuk:
a.     Mengamati/ memahami berbagai komponen yang dibicarakan.
b.     Menanya hal-hal yang memerlukan penjelasan/ pendalaman
c.     Mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan materi yang dibahas
d.     Mengasosiasikan berbagai komponen yang keterkaitannya diperlukan
e.     Mengkomunikasikan hal-hal yang perlu diperkuat melalui peran pihak lain
f.      Melaksanakan dalam bentuk perilaku, sesuai dengan tujuan dan materi pokok kegiatan
    …………………………………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………………………………….
    …………………………………………………………………………………………………………………

7.  Menegaskan komitmen peserta terakait dengan arah dan materi kegiatan.
  …………………………………………………………………………………………………………………..
  ………………………………………………………………………………………………………………….
8.  Menilai hasil dan proses pelayanan/kegiatan pendukung sebagai dampak kegiatan yang telah dilakukan       ( penilaian hasil dan penilaian proses)
   ……………………………………………………………………………………………………………………
  …………………………………………………………………………………………………………………….

9. Rencana penyusunan Laporan Pelaksanaan Program (LAPELPROG)
………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………….
IX.          LAPELPROG
Rencana penyusunan Laporan Pelaksanaan Program (LAPELPROG)  yang meliputi suasana kegiatan, data penilaian hasil dan proses, dan rencana tindak lanjut
………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
Guru BK/Konselor
...............................



DISTRIBUSI MATERI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENYELURUH BERDASARKAN VOLUME KEGIATAN KLASIKAL   SELAMA PENDIDIKAN DI SMP/MTs
Guru BK atau Konselor di masing- masing satuan pendidikan SMP memperhatikan distribusi  pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh berdasarkan volume kegiatan klasikal selama satu tahun, seperti tertera pada tabel berikut ini.
Tabel 1
Volume Menyeluruh Materi (Berdasarkan Tema)
Pembelajaran / Pelayanan BK
Klasikal Terjadwal di SMP

No
TEMA MATERI
JP KELAS SLTP
VII
VIII
IX
1
2
1
2
1
2

1
Orientasi Sekolah Baru
2
-

-

-
2
2
Orientasi Kelas/Semester Baru

2

2

2

2

2

-

10
3
Orientasi Pelayanan BK
2
-
2
-
2
-
6
4
Kondisi Diri
2
-
2
2
2

8
5
Kondisi Lingkungan (Fisik dan Sosio-Emosional)

2

2

2

2

2

2

12
6
Peminatan
4
4
6
4
6
4
28
7
Kegiatan Belajar
4
4
4
4
4
4
24
8
Prestasi Belajar
2
4
2
4
2
4
18
9
Aplikasi Instrumentasi
4
4
4
4
4
-
20
10
Kehidupan Beragama
2
2
2
2
2
-
10
11
Kehidupan Keluarga
2
-
2
-
2
2
8
12
Kehidupan Sosial-Budaya
4
4
2
2
2
-
14
13
Kehidupan Muda-Mudi
2
2
2
2
2
2
12
14
Kejadian/peristiwa aktual
-
2
2
2
2
-
8
15
Kondisi Dinamis Satuan Pen-

2

2

2
6
16
Kenaikan Kelas/Kelanjutan Studi

2

2


4
17
Ujian Nasional

-

-

8
8
Jumlah
34
34
34
34
34
30
200





Tabel 2
Volume Menyeluruh Materi (Berdasarkan Tema)
Pembelajaran / Pelayanan BK
Klasikal Terjadwal di SMP
Kelas VII Semester 1 dan 2

No
TEMA MATERI
Jumlah
JP Kls VII


 Smt 1
Smt 2
1
Orientasi Sekolah Baru
2  JP : sub-tema
-
2
Orientasi Kelas/Semester Baru

2 JP :sub-tema

2 JP : sub-tema
3
Orientasi Pelayanan BK
2 JP : sub-tema
-
4
Kondisi Diri
2 JP : sub-tema
-
5
Kondisi Lingkungan (Fisik dan Sosio-Emosional)

2 JP : sub-tema

2 JP : sub-tema
6
Peminatan
4 JP : sub-tema
4 JP : sub-tema
7
Kegiatan Belajar
4 JP : sub-tema
4 JP : sub-tema
8
Prestasi Belajar
2 JP : sub-tema
4 JP : sub-tema
9
Aplikasi Instrumentasi
4 JP : sub-tema
4 JP : sub-tema
10
Kehidupan Beragama
2 JP : sub-tema
2 JP : sub-tema
11
Kehidupan Keluarga
2 JP : sub-tema
-
12
Kehidupan Sosial-Budaya
4 JP : sub-tema
4 JP : sub-tema
13
Kehidupan Muda-Mudi
2 JP : sub-tema
2 JP : sub-tema
14
Kejadian/peristiwa aktual
-
2 JP : sub-tema
15
Kondisi Dinamis Satuan Pen-

2 JP : sub-tema
16
Kenaikan Kelas/Kelanjutan Studi

2 JP : sub-tema
17
Ujian Nasional

-
Jumlah
34 JP
34 JP

 Catatan:
1. Dalam satu tahun ajaran, untuk setiap kelas SMP (VII,VIII& IX) terdapat  17 minggu efektif. Untuk
setiap minggu tersebut Guru BK atau Konselor  masuk ke kelas peserta didik yang menjadi subyek
asuhannya.  Dengan  demikian guru BK atau Konselor menyelenggarakan layanan/kegiatan
pendukung BK untuk setiap kelas tersebut 17 kali perkelas dengan volume 2 JP dalam 1 semester.

2. Kegiatan masuk kelas satu kali seminggu dengan 2 JP itu didahului dengan  penyusunan RPL/RKP, dengan
materi tema/sub tema sebagaimana terlihat pada  Tabel 2 di atas, khusus kelas VII, untuk semester 1 dan 2. 
                Demikian juga halnya  untuk kelas VIII dan IX.

            3. Pemilihan subtema untuk tema yang sama dalam kegiatan layanan/kegiatan pendukung yang  
berkelanjutan dalam minggu/ bulan/ semester yang berturutan harus dipertimbangkan keterkaitan
dan kesinambungan antara subtema-subtema tersebut.

            4. Dalam pelatihan ini para perserta diminta untuk menuliskan tema/sub tema untuk  masing-masing RPL
sebagaimana pada tabel 2 di atas.

             5.  Contoh kegiatan di atas hendaknya dapat diwujudkan oleh Guru BK atau Konselor  di setiap satuan pendidikan
                  SMP, sehingga pelayanan BK di satuan pendidikan tersebut dijamin realisasinya, khususnya untuk format

kegiatan klasikal terjadwal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar