PROGRAM HARIAN
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELINGDI SMP/MTs
(RPL
dan RKP)
A. Kompenen Dasar, Setiap
Satlan/ RPL atau Satkung/RPK baik dalam format klasikal maupun non klasikal
memuat kompenen dasar sebagai berikut:
1. Identitas Satuan Pendidikan
(SMP ……)
2. Identitas Sasaran Pelayanan,
yaitu peserta didik yang menjadi subyek asuhan pelayanan guru BK atau Konselor
(minimal 150 orang) di SMP yang dimaksud.
3. Waktu dan Tempat
Penyelenggaraan Layanan/ Kegiatan Pendukung
4. Arah dan Tujuan Pelayanan
dengan jenis layanan atau kegiatan pendukung sebagaimana yang direncanakan.
5. Materi dalam bentuk Tema dan
Sub Tema yang menjadi isi kegiatan layanan atau pendukung yang dimaksudkan.
6. Jenis Layanan atau Kegiatan
Pendukung yang akan dilaksanakan berdasarkan RPL/RPK yang disusun.
7. Sarana dan Prasarana, Media
dan Perlengkapan operasional yang digunakan
8. Langkah-langkah kegiatan
dalam pelaksanaan layanan atau kegiatan pendukung yang akan diselenggarakan
9. Rencana Penilaian hasil dan
proses layanan atau kegiatan pendukung yang akan dilaksanakan.
10. Rencana penyusunan
pelaksanaan program ( Laperprog)
B. Format yang digunakan
Secara ideal format
penyusunan Satlan/ RPL atau Satkung/ RKP adalah sebagaimana format tercantum dalam
buku Panduan Bimbingan dan Konseling di SMP: dalam keadaan tertentu RPL/ RPK
minimal memuat pokok-pokok tersebut di atas, seperti format berikut:
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN/
KEGIATAN
PENDUKUNG
FORMAT KLASIKAL / NONKLASIKAL
TERJADWAL
I.
IDENTITAS
A.
Satuan
Pendidikan :
..................................................................
B.
Tahun
Ajaran/Semester : ..................................................................
C.
Sasaran
Pelayanan/Kelas :
..................................................................
D.
Pelaksana : .......................................................................
E.
Pihak
Terkait :
.......................................................................
II.
WAKTU
DAN TEMPAT
A.
Tanggal :
..................................................................
B.
Jam
Pelayanan :
.................................................................
C.
Volume
Waktu (JP) :
.................................................................
D.
Tempat
Layanan : .................................................................
III.
MATERI
LAYANAN
A.
Tema/Subtema : 1. Tema :
...........................................................
2. Subtema
:...........................................................
B.
Sumber
Materi : ....................................................................................
IV.
TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN
............................................................................................................................................
…………………………………………………………………………………………….
V.
JENIS
LAYANAN/ KEGIATAN PENDUKUNG
…………………………………………………………………......................................
……………………………………………………………………………………………...
VI.
SARANA
Media dan sarana serta perlengkapan/ instrument yang digunakan :................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………….
VII.
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL LAYANAN
1. Penilaian Proses : ………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………….
2.
Penilaian Hasil……………………………………………………………......................
..........................................................................................................................................
VIII.
LANGKAH
KEGIATAN LAYANAN/ PENDUKUNG
1. Mengembangkan suasana kegiatan (layanan/ pendukung)yang terbuka dan menciptakan suasana aman,
, dan menyenangkan.
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………….
|
2. Mengemukakan arah
kegiatan dan aktivitas yang diharapkan dari subjek peserta layanan/ kegiatan pendukung.
……………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………….
|
3. Mengungkapkan pengalaman peserta
terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan, peserta diminta mengemukakan
apa pikiran, perasaan, dan sikap berkenaan dengan pengalamannya.
…………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………….
|
4. Merespon secara
positif apa yang dikemukakan peserta dan mengarahkan mereka untuk mengikuti
kegiatan secara penuh.
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………….
|
5. . Dalam kaitannya hal-hal tersebut di
atas, menjelaskan aspek-aspek pokok kegiatan yang akan dilaksanakan
…………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………….
|
6. Kegiatan dengan dinamika mengarah kepada partipasi peserta dalam
bentuk:
a. Mengamati/
memahami berbagai komponen yang dibicarakan.
b.
Menanya hal-hal yang memerlukan
penjelasan/ pendalaman
c.
Mengumpulkan berbagai informasi terkait
dengan materi yang dibahas
d.
Mengasosiasikan berbagai komponen yang keterkaitannya
diperlukan
e.
Mengkomunikasikan hal-hal yang perlu
diperkuat melalui peran pihak lain
f.
Melaksanakan dalam bentuk perilaku,
sesuai dengan tujuan dan materi pokok kegiatan
…………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………
|
7.
Menegaskan komitmen peserta terakait dengan arah dan materi
kegiatan.
…………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………….
|
8. Menilai hasil dan proses pelayanan/kegiatan
pendukung sebagai dampak kegiatan yang telah dilakukan ( penilaian hasil dan penilaian
proses)
……………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………….
|
9. Rencana penyusunan Laporan Pelaksanaan
Program (LAPELPROG)
………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………….
|
IX.
LAPELPROG
Rencana penyusunan Laporan Pelaksanaan
Program (LAPELPROG)
yang meliputi suasana kegiatan, data penilaian hasil dan proses, dan
rencana tindak lanjut
………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
Guru BK/Konselor
...............................
DISTRIBUSI
MATERI PELAYANAN BIMBINGAN DAN
KONSELING MENYELURUH BERDASARKAN VOLUME
KEGIATAN KLASIKAL SELAMA PENDIDIKAN DI
SMP/MTs
Guru BK atau Konselor di masing- masing satuan
pendidikan SMP memperhatikan
distribusi pelayanan bimbingan dan
konseling secara menyeluruh berdasarkan volume kegiatan klasikal selama satu
tahun, seperti tertera pada tabel berikut ini.
Tabel 1
Volume Menyeluruh Materi (Berdasarkan Tema)
Pembelajaran / Pelayanan BK
Klasikal Terjadwal di SMP
No
|
TEMA
MATERI
|
JP
KELAS SLTP
|
||||||
VII
|
VIII
|
IX
|
∑
|
|||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|
||
1
|
Orientasi Sekolah
Baru
|
2
|
-
|
|
-
|
|
-
|
2
|
2
|
Orientasi
Kelas/Semester Baru
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
10
|
3
|
Orientasi Pelayanan
BK
|
2
|
-
|
2
|
-
|
2
|
-
|
6
|
4
|
Kondisi Diri
|
2
|
-
|
2
|
2
|
2
|
|
8
|
5
|
Kondisi Lingkungan
(Fisik dan Sosio-Emosional)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12
|
6
|
Peminatan
|
4
|
4
|
6
|
4
|
6
|
4
|
28
|
7
|
Kegiatan
Belajar
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
8
|
Prestasi Belajar
|
2
|
4
|
2
|
4
|
2
|
4
|
18
|
9
|
Aplikasi
Instrumentasi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
-
|
20
|
10
|
Kehidupan Beragama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
10
|
11
|
Kehidupan Keluarga
|
2
|
-
|
2
|
-
|
2
|
2
|
8
|
12
|
Kehidupan
Sosial-Budaya
|
4
|
4
|
2
|
2
|
2
|
-
|
14
|
13
|
Kehidupan Muda-Mudi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12
|
14
|
Kejadian/peristiwa
aktual
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
8
|
15
|
Kondisi Dinamis
Satuan Pen-
|
|
2
|
|
2
|
|
2
|
6
|
16
|
Kenaikan
Kelas/Kelanjutan
Studi
|
|
2
|
|
2
|
|
|
4
|
17
|
Ujian Nasional
|
|
-
|
|
-
|
|
8
|
8
|
Jumlah
|
34
|
34
|
34
|
34
|
34
|
30
|
200
|
Volume Menyeluruh Materi (Berdasarkan Tema)
Pembelajaran / Pelayanan BK
Klasikal Terjadwal di SMP
Kelas VII Semester 1 dan 2
No
|
TEMA
MATERI
|
Jumlah
JP Kls VII
|
|
|
|
Smt 1
|
Smt 2
|
1
|
Orientasi Sekolah
Baru
|
2 JP : sub-tema
|
-
|
2
|
Orientasi
Kelas/Semester Baru
|
2 JP :sub-tema
|
2 JP :
sub-tema
|
3
|
Orientasi Pelayanan
BK
|
2 JP :
sub-tema
|
-
|
4
|
Kondisi Diri
|
2 JP :
sub-tema
|
-
|
5
|
Kondisi Lingkungan
(Fisik dan Sosio-Emosional)
|
2 JP
: sub-tema
|
2 JP
: sub-tema
|
6
|
Peminatan
|
4 JP :
sub-tema
|
4 JP :
sub-tema
|
7
|
Kegiatan
Belajar
|
4 JP :
sub-tema
|
4 JP :
sub-tema
|
8
|
Prestasi Belajar
|
2 JP :
sub-tema
|
4 JP :
sub-tema
|
9
|
Aplikasi
Instrumentasi
|
4 JP :
sub-tema
|
4 JP :
sub-tema
|
10
|
Kehidupan Beragama
|
2 JP :
sub-tema
|
2 JP :
sub-tema
|
11
|
Kehidupan Keluarga
|
2 JP :
sub-tema
|
-
|
12
|
Kehidupan
Sosial-Budaya
|
4 JP :
sub-tema
|
4 JP :
sub-tema
|
13
|
Kehidupan Muda-Mudi
|
2 JP :
sub-tema
|
2 JP :
sub-tema
|
14
|
Kejadian/peristiwa
aktual
|
-
|
2 JP :
sub-tema
|
15
|
Kondisi Dinamis
Satuan Pen-
|
|
2 JP :
sub-tema
|
16
|
Kenaikan
Kelas/Kelanjutan
Studi
|
|
2 JP :
sub-tema
|
17
|
Ujian Nasional
|
|
-
|
Jumlah
|
34 JP
|
34 JP
|
Catatan:
1. Dalam satu
tahun ajaran, untuk setiap kelas SMP (VII,VIII& IX) terdapat 17 minggu efektif. Untuk
setiap minggu
tersebut Guru BK atau Konselor masuk ke
kelas peserta didik yang menjadi subyek
asuhannya. Dengan
demikian guru BK atau Konselor menyelenggarakan layanan/kegiatan
pendukung BK
untuk setiap kelas tersebut 17 kali perkelas dengan volume 2 JP dalam 1
semester.
2. Kegiatan masuk kelas satu kali seminggu dengan 2 JP itu didahului
dengan penyusunan RPL/RKP, dengan
materi tema/sub tema
sebagaimana terlihat pada Tabel 2 di
atas, khusus kelas VII, untuk semester 1 dan 2.
Demikian juga halnya
untuk kelas VIII dan IX.
3. Pemilihan subtema untuk tema
yang sama dalam kegiatan layanan/kegiatan pendukung yang
berkelanjutan dalam minggu/ bulan/ semester yang berturutan harus
dipertimbangkan keterkaitan
dan kesinambungan antara
subtema-subtema tersebut.
4. Dalam pelatihan ini para
perserta diminta untuk menuliskan tema/sub tema untuk masing-masing RPL
sebagaimana pada tabel 2 di
atas.
5.
Contoh kegiatan di atas hendaknya dapat diwujudkan oleh Guru BK atau
Konselor di setiap satuan pendidikan
SMP, sehingga pelayanan BK di
satuan pendidikan tersebut dijamin realisasinya, khususnya untuk format
kegiatan klasikal terjadwal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar